Sejarah Singkat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab.Cianjur

Sejarah Singkat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab.Cianjur

Di mulai pada tahun 1981 Perpustakaan Daerah Kab.DT .II . Segala operasional dan administrasinya bertanggung jawab kepada Kantor Bagian Hukum Pemerintah Daerah Kab. DT.II Cianjur. Pada tahun 1981 Perpustakaan umum berada di bawah Struktur Organisasi Kantor Bagian Hukum Pemerintah DT II Cianjur.

Dari tahun 1987, Perpustakaan Umum Kab. DT II Cianjur beralih Struktur Organisasi yaitu di bawah Kantor Ortala ( Organisasi dan Tata Laksana )Kab. DT II Cianjur. Pada tahun 1987-1990 namanya tetap “ PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN DT II CIANJUR”.

Kemudian pada tahun 1990-1993 PERPUSTAKAAN UMUM dipindahkan lagi menjadi tanggung jawab kesra(Kesejahteraan Rakyat) Kab.DT II Cianjur.Jelaas pada saat itu PERPUSTAKAAN UMUM bertanggung jawab kepada kantor kesra kab.DT II Cianjur.

Pada tahun 1993-1995 PERPUSTAKAAN UMUM kembali beralih struktur,disini PERPUSTAKAAN UMUM  menjadi UPDT(Unit Pelaksana Teknis Dinas) dari dinas pendidikan dan kebudayaan kab DT II Cianjur dan namanya beralih menjadi “UPDT PERPUSTAKAAN DINAS P&K KAB.DT II CIANJUR”

Mulai pada tahun 1995 PERPUSTAKAAN UMUM berdiri sendiri dan langsung bertanggung jawab kepada bupati kepala daerah tingkat II cianjtr.Dan namanya menjadi PERPUSTKAAN UMUM KAB.CIANJUR.Tetapi PERPUSTAKAAN UMUM menjadi dinas tersendiri tidak lama hanya dari tahun 1995-1999.

Dari tahun 1999 ada beberapa kantor di lingkungan pemerintah daerah yang digabung-gabungkan diantaranya kantor PERPUSTAKAAN dengan kantor ARSIP DAERAH yang kemudian namanya diganti menjadi”KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KAB CIANJUR”

Berdasarkan Peraturan Bupati Cianjur Nomor 74 Tahun 2016, maka namanya diubah kembali menjadi Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kab Cianjur,alamatnya jln.Siliwangi No.9 Cianjur 43211.


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog